Selasa, 23 Februari 2010

Terbentuknya Ruang dari Bidang Horizontal

Pengertian ruang atau space berasal dari bahasa Latin spatium yang berarti ruangan atau luas (extent) dan bahasa Yunani yaitu tempat (topos) atau lokasi (choros) dimana ruang memiliki ekspresi kualitas tiga dimensional. Kata oikos dalam bahasa Yunani yang berarti pejal, massa dan volume, dekat dengan pengertian ruang dalam arsitektur, sama halnya dengan kata oikos yang berarti ruangan (room).
Dalam pemikiran Barat, Aristoteles mengatakan bahwa ruang adalah suatu yang terukur dan terlihat, dibatasi oleh kejelasan fisik, enclosure yang terlihat sehingga dapat dipahami keberadaanya dengan jelas dan mudah.

Pengertian Ruang dibagi 2 :
a. Pengertian secara makro
b. Pengertian secara mikro
a. Pengertian ruang secara MAKRO adalah alam semesta yang kita huni ini, Disebut juga Ruang tanpa batas : alam semesta, kota, desa dsb.

b. Sedangkan pengertian ruang secara MIKRO adalah suatu bentuk yang terwujud atau terjadi karena adanya susunan bidang2 pembatas.
Sebagai pembatas.tersebut bisa bidang horizontal, vertikal ataupun kombinasi keduanya. Disebut juga Ruang dengan batas yang sempit : Rumah, kamar dsb.

Pengertian pembatas tidak terpatok pada bidang masif seperti dinding tapi furniture pun dapat dikatakan pembatas berdasarkan ketinggian furniture misal lemari, tirai dll atau pengelompokan furniture misal pengelompokan 1 set kursi tamu dll.

Definisi ruang 1D adalah Penggambaran ruang dalam 1 dimensi, yaitu Denah.

Definisi ruang 2D adalah penggambaran ruang dalam 2 dimensi yaitu Tampak, Potongan.

Definisi ruang 3D adalah penggambaran ruang dalam 3 dimensi yaitu gambar perspektif.

Terbentuknya Ruang dari Bidang Horizontal terdiri dari beberapa tahap yaitu :

1. Bidang dasar

Dasar suatu ruang dapat dibentuk oleh bidang datar horisontal yang terletak sebagai suatu figur pada suatu latar belakang yang kontras.



2. Bidang dasar yang diangkat
Bidang dasar horisontal diangkat dari atas tanah yang menimbulkan permukaan-permukaan vertikal, memperkuat batas visual.



3. Bidang dasar yang diturunkan
Sebuah bidang datar horisontal yang dimasukan dalam tanah, membentuk suatu volume ruang.





4. Bidang yang melayang
Sebuah bidang datar horisontal diletakan diatas membentuk volume ruang. Diantara bidang tersebut dan bidang tanah dibawahnya.




*gambar diambil dari google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar